Orientasi Pengembangan PAI di Sekolah


Muatan Materi :
Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah memiliki beberapa orientasi yang dapat dijalankan. Berikut ini adalah beberapa orientasi pengembangan PAI pada sekolah yang umum diterapkan:
  1. Orientasi Akademik: Orientasi ini fokus pada penguasaan pengetahuan dan pemahaman tentang ajaran agama Islam. Guru-guru PAI berupaya menyampaikan materi ajar secara komprehensif dan sistematis, serta melibatkan siswa dalam diskusi dan refleksi untuk mendalami konsep-konsep agama. Orientasi ini berupaya mencetak siswa yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang Islam.
  2. Orientasi Moral: Orientasi ini mengutamakan pengembangan moral dan etika siswa. Guru-guru PAI berfokus pada pembentukan karakter yang baik, seperti kejujuran, disiplin, tanggung jawab, kerjasama, dan rasa saling menghormati. Orientasi ini memperkuat nilai-nilai Islami dalam perilaku siswa, sehingga mereka menjadi individu yang berakhlak mulia dan bermanfaat bagi masyarakat
  3. Orientasi Sosial: Orientasi ini mengarah pada pengembangan sikap sosial dan kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar. Guru-guru PAI mengajarkan nilai-nilai Islam seperti tolong-menolong, kepedulian terhadap sesama, dan keadilan sosial. Orientasi ini bertujuan untuk membentuk siswa yang mampu berkontribusi positif dalam masyarakat dan memiliki kepedulian terhadap masalah sosial.
Pentingnya memadukan beberapa orientasi tersebut tergantung pada kebijakan dan kebutuhan masing-masing sekolah. Dengan pendekatan yang terintegrasi, diharapkan pengembangan PAI di sekolah dapat menciptakan siswa yang memiliki pengetahuan agama yang kuat, berakhlak mulia, peduli sosial, dan mampu berpikir kritis dalam menghadapi tantangan zaman.
Referensi Jurnal
1. Ahmad Syaddad, Budaya Mutu Pendidikan Islam 2. Ahmad Syaddad, Penerapan Perencanaan Pembelajaran Berbasis Al-Qur’an 3. Ahmad Syaddad, Manajemen Inovasi Pembelajaran 4. Ahmad Syaddad, Peran Manajer Pendidikan 5. Ahmad Syaddad, Sistem Manajemen Pembiayaan Sekolah Gratis 6. Qur’an Kemenag 7. Hariman Surya Siregar, Perencanaan Pembelajaran Pai 8. As Lubis, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Information And Communication Technology (ICT) 9. N. Fadhilah, Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pasca Pandemi Covid-19 10. S. Munawaroh, Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Tsanawiyah Darut Thalibin Ponteh Galis Pamekasan


LINK TERKAIT